SETIAP TAHUN MURID DNA WRITING CLUB LOLOS KPCI


Tentang KPCI
KPCI atau Konferensi Penulis Cilik Indonesia merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan panitia teknisnya dari Dar! Mizan. KPCI merupakan ajang berkumpulnya para penulis dan sastrawan cilik dari berbagai daerah di Indonesia. Sebelumnya, akan ada seleksi untuk menjadi finalis/peserta dengan memilih 5 kategori/bidang yang dilombakan, yaitu : lomba menulis cerpen kategori pemula, lomba menulis cerpen kategori penulis, lomba menulis pantun, lomba membuat syair, dan lomba mendongeng dengan mengirimkan video dengan durasi maksimal 15 menit.
DNA Writing Club resmi berdiri tahun 2013. Di akhir 2013 DNA memiliki 4 murid, dan waktu itu ada 1 murid DNA yang lolos KPCI 2013 yaitu Yasmina Iffa Karima. Tahun 2014 ada 1 lagi yang lolos, yaitu Khansa Tabina Khairunissa (Khansa). Tahun 2015 murid DNA semakin bertambah (lebih dari 20 anak) dan Alhamdulillah di 2015 ada 5 anak yang lolos KPCI yaitu Khansa, Inas, Aisyah Nurul, Kayana, dan Anisa. Demikian halnya di 2016, ada 5 anak yang lolos KPCI yaitu Khansa, Inas, Mutiara Aisyah, Nala, dan Ayasha. Bahkan Khansa berhasil menjadi juara 3 lomba menulis cerpen kategori penulis. Seleksi untuk lolos menjadi finalis KPCI dan mengikuti serangkaian kegiatan dan final lomba di Bogor memang sangat ketat. Anak-anak harus mampu membuat karya yang sesuai dengan tema dan dikemas dalam rangkaian cerita yang unik dan tidak klise. Para juri KPCI pun adalah orang-orang yang profesional di bidangnya.


Khansa 3x Lolos KPCI
Khansa adalah murid pertama DNA Writing Club. Ia mulai belajar di DNA saat masih duduk di kelas 3 SD, di bulan November 2013. Khansa benar-benar belajar menulis cerita pendek dari nol. Ia suka membaca untuk mencari ide dan menggali inspirasi lewat karya-karya penulis lain. Orang tua Khansa pun sangat mendukung hobi putri sulung mereka itu. Salah satunya dengan membelikan buku bacaan yang berkualitas.
Setiap kali pertemuan di DNA, Khansa akan memaparkan ide tulisannya terlebih dulu, selanjutnya ia akan mulai menulis dan menyetorkan tulisan karyanya untuk dibaca dan dikoreksi. Langkah selanjutnya, melakukan editing bersama, untuk mengecek tulisan yang masih typo/salah, alur yang kurang logis, dll hingga akhirnya dihasilkan sebuah cerpen yang baik.
Tahun 2014 Khansa lolos mengikuti KPCI untuk pertama kalinya, saat ia masih kelas 4 SD. KPCI 2014 mengambil tema : “Sastra Anak Membentuk Karakter Anak Bangsa Yang Cerdas, Kreatif Dan Berbudi Pekerti” dan Khansa menulis cerpen berjudul : “Teman itu Tanpa Syarat”.
KPCI 2015 mengambil tema : “Berani Berkarya, Berani Mengubah Dunia”. Khansa mengirimkan cerpennya yang berjudul “Bria Pasti Bisa”. Alhamdulillah, LOLOS! Tahun ini Khansa mendapatkan beasiswa sebesar 2,5 juta dan uang saku.
KPCI 2016 mengambil tema : “Dengan Karya Kreatif, Ciptakan Indonesia yang Cinta Damai”. Cerpen Khansa yang lolos berjudul : “Burung Perdamaian untuk Zaza”. Tahun 2016 Khansa berhasil mendapatkan juara 3 dan mendapatkan hadiah sebesar 2 juta sekaligus beasiswa sebesar 3 juta dan uang saku.
Keberhasilan Khansa dengan 3x lolos KPCI karena semangat dia untuk terus berlatih mengasah keterampilan menulisnya di DNA Writing Club. Sekaligus bimbingan yang intensif dengan para tentor DNA.
Adik-adik ingin menjadi penulis berprestasi seperti Khansa? Yuk, gabung di DNA WRITING CLUB! Kalian akan belajar tak hanya menjadi seorang penulis yang mampu menghasilkan karya yang baik tapi juga mampu berprestasi dan menginspirasi orang lain lewat tulisan-tulisannya.


Pengelola Program :
Nama           : Norma Ambarwati, S.Si.
Nama Pena   : Keisya Avicenna
FB                : Norma Keisya Avicenna
Instagram     : @keisyaavicenna
Blog             : www.keisyaavicenna.com

Ingin Bergabung Dengan Program Menulis di DNA???
Info dan Pendaftaran        :
Jalan Jati Barat 1 No. 274, Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
HP/WA 0856 47 122 033
Markas DNA Writing Club (tempat belajar) :
1.      DNA Jati Barat, Banyumanik
2.      DNA KPA Regency, Klipang
3.      DNA Perumahan DNA Perumahan Tembalang Regency, Tembalang
4.      Ekskul Jurnalistik SD IT Bina Insani
5.      Ekskul Jurnalistik SD Islam Diponegoro