ONE DAY MOTIVATION TRAINING bersama KAK ARY NILANDARI


Pada hari Sabtu, 21 Mei 2016 bertempat di Gedung A LPMP Semarang, DNA Writing Club menyelenggarakan satu event akbar dengan mengundang trainer sekaligus seorang penulis profesional yang kini berdomisili di Malaysia, yaitu Kak Ary Nilandari. Pada event kali ini, DNA mengadakan Workshop untuk Anak “Fun Reading-Writing-Drawing”, dengan mengambil tema “Bebaskan dirimu. Kamu boleh membaca apa saja. Menulis apa saja. Menggambar apa saja.” Workshop untuk anak diselenggarakan dari jam 08.00-12.00, selanjutnya pada sesi kedua ada Seminar Literasi Anak untuk para guru, penulis, orang tua, dan umum.
Workshop ini diikuti oleh sekitar 80 anak dan bertujuan sebagai upaya stimulasi bagi anak-anak untuk menggali ke dalam diri sendiri dan menemukan kembali sumber inspirasi tak terbatas. Dalam workshop ini Kak Ary dan tim kreatifnya mengajarkan teknik membaca, menulis, dan menggambar yang menyenangkan. Kak Ary juga sempat mendongeng/bercerita dengan gaya yang sangat interaktif sehingga anak-anak sangat antusias dan penuh perhatian. Di sesi terakhir workshop, Kak Ary dan tim kreatifnya membagikan dua lembar kertas yang telah ditempeli aneka pernak-pernik. Setiap anak bebas mengembangkan pernak-pernik itu menjadi gambar apapun dan mengekspresikannya dalam bentuk cerita yang bebas sesuai imajinasi masing-masing.
Usai workshop, ada momen spesial bagi anak-anak DNA Writing Club. Kak Ary Nilandari melaunching buku kumpulan cerpen karya 40 penulis DNA yang berjudul “DONGENG NYENTRIK ALESHA”. Para penulis cilik itu pun maju ke panggung dan melaunching karya mereka bersama Kak Ary Nilandari. Ada gurat bahagia yang terpancar dari wajah anak-anak itu. Semoga dengan terbitnya buku kumpulan cerpen “Dongeng Nyentrik Alesha” itu mampu menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat dalam diri anak-anak untuk terus semangat berkarya dan berprestasi.
Sesi kedua dari jam 13.00-15.00 yakni Seminar Literasi dengan tema “Menanamkan Kepercayaan Diri, Kreativitas, dan Keterampilan Baca-Tulis-Gambar Sejak Usia Dini”. Penelitian* membuktikan anak-anak yang dibesarkan dalam budaya literasi lebih terampil berpikir kritis, memiliki kepekaan emosi, dan berprestasi secara akademis. Karena membaca bukan sekadar mengeja dan membedakan huruf; menulis bukan sekadar menyalin bentuk; dan menggambar bukan sekadar ekspresi kekanakan. Ketiganya merupakan basic life skills yang perlu dibekalkan sejak dini dengan stimulasi tepat. Sesi ini memaparkan kiat-kiat praktis untuk menghidupkan budaya literasi di rumah, sekolah, dan lingkungan terdekat.
(*penelitian dipublikasikan di majalah Science, Januari 2011)
Kegiatan ONE DAY MOTIVATION TRAINING ini mendapatkan respon yang luar biasa dari para peserta. Mereka memberikan feed back dan komentar yang sangat positif. Selain itu, usai acara banyak juga yang mendaftar untuk menjadi murid di DNA Writing Club. Salam sukses buat kita semua!!!



Pengelola Program :
Nama           : Norma Ambarwati, S.Si.
Nama Pena   : Keisya Avicenna
FB                : Norma Keisya Avicenna
Instagram     : @keisyaavicenna
Blog             : www.keisyaavicenna.com

Ingin Bergabung Dengan Program Menulis di DNA???
Info dan Pendaftaran        :
Jalan Jati Barat 1 No. 274, Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
HP/WA 0856 47 122 033
Markas DNA Writing Club (tempat belajar) :
1.      DNA Jati Barat, Banyumanik
2.      DNA KPA Regency, Klipang
3.      DNA Perumahan Tembalang Regency, Tembalang
4.      Ekskul Jurnalistik SD IT Bina Insani

5.      Ekskul Jurnalistik SD Islam Diponegoro